January 9, 2009

KESEHATAN

Empat PSK di Muara Teweh Terinfeksi AIDS
MUARA TEWEH- Sebanyak empat dari 103 orang pekerja seks komersial (PSK) penghuni “Lokalisasi Merong” di Muara Teweh Kabupaten Barito Utara (Barut) positif terinfeksi virus HIV/AIDS.
"Empat orang PSK ini diketahui tertular HIV/AIDS setelah sampel darahnya diperiksa pekan lalu," kata Kepala Dinas Kesehatan Barut H Bambang Edhy Prayitno di Muara Teweh, Kamis (8/1).
PSK di lokalisasi satu-satunya dan terbesar di kabupaten pedalaman Sungai Barito ini terletak di kilometer 3,5 Jalan Negara Muara Teweh, Puruk Cahu berasal dari berbagai daerah seperti Kalimantan Selatan, serta Pulau Jawa .
Pada lokalisasi yang memiliki 22 wisma pada 16 Desember 2008 telah dilakukan kegiatan sero survei (SS) atau pengembilan sampel darah sebanyak 103 orang PSK guna mendeteksi penularan virus yang menghilangkan kekebalan tubuh penderitanya.
Menurut Bambang, pihaknya hanya berkewajiban mengambil dan memeriksa sampel darah untuk mengetahui siapa yang mungkin terdeteksi OHDA (orang dengan HIV/ADIS).Sedangkan siapa yang tertular AIDS tersebut tidak tahu orangnya.
"Jadi pemeriksaan ini hanya untuk mengetahui jumlah penderita, bukan untuk mencari siapa orangnya," jelas dia didampingi Kepala Seksi Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2M), H Siswandoyo .
Sedangkan yang berhak untuk mengetahui dan melakukan penanggulangan terhadap penderita hanya dilakukan oleh Komisi Penanggulangan AIDS (KPAD) melalui Dinas Kesehatan Kalteng.
Ia menyatakan, penderita AIDS ini juga tidak diketahui apakah orang lama atau baru karena pada tahun 2004, 2005 dan 2006 lalu ditemukan PSK tertular HIV sebanyak enam orang.
"Kami kesulitan mengetahui orang yang tertular HIV, karena wanita penghuni lokalisasi ini silih berganti baik masuk maupun pindah ke tempat lain," jelasnya.
Dia mengimbau para pengunjung tempat prostitusi tersebut agar kalau mau berhubungan dengan PSK untuk memakai alat kontrasepsi khususnya kondom.
"Karena risiko besar tertular bagi mereka yang sering berganti-ganti pasangan," tandasnya.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com