January 19, 2009

INFRASTRUKTUR

Program Multy Years Baru Berjalan 60 Persen
PALANGKA RAYA-Program multy years yang dimulai pada tahun anggaran 2007 untuk penanganan beberapa ruas jalan provinsi yang strategis, ada yang dinyatakan sudah selesai dan ada juga yang masih lamban. Namun, apabila diukur secara rata-rata, kemajuannya baru mencapai 60 persen. Hal ini diungkapkan Gubernur Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang, SH, belum lama ini, di Palangka Raya.
Menurut Teras, terhadap paket yang mengalami kemajuan lamban, dirinya akan mengambil langkah-langkah sesuai klausul dalam kontrak yakni, langkah pengalihan kepada pihak ketiga.
“Paket ini terus akan dilakukan pengendalian dan evaluasi sesuai ketentuan yang berlaku. Sebab, semua fisik pekerjaan dari multy years harus selesai pada Agustus 2009 nanti,” jelasnya.
Dari hasil evaluasi yang dilakukan pihak pemerintah provinsi, Teras mengatakan, ada satu ruas jalan yang terpaksa harus diputus kontraknya lantaran kontraktor tidak mampu menyelesaikan pekerjaan tersebut. Kelanjutan penanganan ruas jalan tersebut menurut Teras, nantinya diprogramkan melalui program reguler.
Dia mengutarakan, jumlah dana penanganan ruas jalan provinsi diluar program multy years sangat terbatas, karenanya pembiayaan ruas jalan diluar program multy years akan diupayakan melalui program pemeliharan rutin, supaya menjaga ruas jalan yang ada dapat terus dilewati sepanjang tahun tanpa peningkatan struktur.
Membuka keterisolasian di Provinsi Kalteng adalah, menjadi komitmen utama bagi pemerinthan Gubernur Teras saat ini. Untuk itu, peningkatan jalan yang akan menghubungkan dari daerah satu ke daerah lain akan menjadi prioritas.
“Pemerintah sedang menempuh langkah-langkah percepatan pelaksanaan kegiatan paket-paket multy years dengan tetap memperhatikan mutu pekerjaan sesuai ketentuan yang berlaku,” kata Teras.
Namun, akibat kebijakan pemerintah pusat menaikan harga BBM pada waktu lalu, telah berdampak pada penyelesaian pekerjaan. Sebab, ada beberapa kontraktor yang meminta perhitungan kembali eskalasi harga.

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com