January 16, 2009

INVESTASI

PT Antam Jajaki Peluang Usaha di Kalteng

JAKARTA--Dalam upaya untuk terus mempromosikan potensi Daerah dan menarik minat investor untuk berinvestasi, Gubernur Kalteng A Teras Narang SH mengadakan pertemuan dengan Direktur Utama (Dirut) PT Aneka Tambang (Antam) Tbk dan jajarannya di Jakarta, Jum’at (16/1) siang. Pertemuan ini maksudnya untuk mengintensifkan kegiatan usaha khususnya di bidang pertambangan batubara dan bijih besi.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setdaprov Kalteng Drs Kardinal mengungkapkan, PT Antam Tbk merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang pertambangan umum. Sedangkan bisnis intinya adalah penambangan dan pengolahan bijih nikel, emas dan bauksit.

“Dalam pertemuan tersebut, Pak Gubernur memaparkan gambaran potensi sumber daya alam yang dimiliki Kalteng beserta peluang berusaha,” jelas Kardinal ketika dihubungi via telepon dari Palangka Raya, Jum’at (16/1) sore.

Gubernur Kalteng juga mengingatkan bahwa untuk melakukan investasi di Kalteng perlu dilakukan inventarisasi terlebih dulu terutama tentang bidang usaha apa yang akan digarap, jenis mana yang lebih cocok dan harus ada objek yang jelas. Langkah tersebut harus diformat dengan lazim hingga sampai kepada melakukan penandatanganan Naskah Kerjasama (MoU) guna membangun kerjasama yang konstruktif.

“PT Antam Tbk mempunyai kontribusi yang besar untuk negara dari sektor pajak. Pada tahun 2008 lalu, PT Antam membayar pajak sebesar Rp2 Triliun atau nomor tiga setelah Pertamina dan Telkom,” ungkap Kardinal.

Pertemuan ini juga menyinggung masalah krisis global yang sedang melanda dunia saat ini. Namun kedua belah pihak bersepakat bahwa krisis tersebut hendaklah dijadikan sebagai peluang sekaligus tantangan. Nantinya setelah krisis berlalu, maka kita akan menjadi penuai dari usaha yang dilakukan dengan hasil yang melimpah.

Untuk menindaklanjuti hasil pertemuan ini, Gubernur Kalteng memberikan tenggang waktu selama 10 bagi pihak PT Antam Tbk, dan kemudian akan diadakan pertemuan kembali dengan kesepakatan diadakan di Kota Palangka Raya.

Dalam pertemuan di Jakarta ini, Gubernur Kalteng A Teras Narang didampingi Asisten III Sekdaprov Kalteng, Ir Tagah Pahoe, Kadis Pertambangan dan Energi Kalteng Ir Moses Nicodemus, Karo Ekonomi Dra Lenny Simon serta Karo Humas dan Protokol Drs Kardinal.

Sementara itu, ungkap Kardinal, pihak PT Antam Tbk dalam pertemuan ini menyambut baik pernyataan dari Gubernur yang intinya memberikan peluang, dan tidak lalai terhadap hal utama yaitu untuk memperhatikan peningkatan kesejahteraan masyarakat. PT Antam juga mengharapkan agar bisa terjalin keakraban dan kerjasama yang baik dengan Perusahaan Milik Daerah, sehingga bisa saling menguntungkan.

Dalam pertemuan ini, jelasnya, juga disinggung tentang RTRWP Kalteng yang hingga sekarang ini belum tuntas. Karena itu diharapkan, belum tuntasnya RTRWP Kalteng ini jangan sampai memasang kita untuk melakukan berbagai terobosan yang kreatif, tetapi harus ada solusinya.sya

0 comments:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com